Rumah Tangga Itu Rumit, Kalau Sederhana Itu Rumah Makan



Rumit.
ru·mit a sulit; pelik; sukar; susah: perkara warisan itu menjadi semakin — penyelesaiannya;
Begitu pengertian “rumit” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia daring (online) versi Badan Bahasa Kemdikbud.
Kata itu yang terus bergentayangan dan menyambangi para pelaku rumah tangga.
Histori tak pernah melupakan Khadijah ketika beliau mendapati Rasulullah SAW ketakutan dan gemetar saat wahyu datang kepadanya pertama kali dia tidak mengetahui bahwa yang datang kepadanya itu wahyu dari Allah.
“Aku takut pada diriku sendiri”, kata Rasulullah.
Khadijah menenangkannya dan menghiburnya sembari berkata, “Demi Allah, Dia tidak akan menyengsarakanmu, kamu selalu menyambung tali silaturahmi, menyantuni anak yatim, membantu fakir miskin, memuliakan tamu, membantu orang-orang yang tertimpa musibah” (Muttafaqun Alaih)
Jika Khadijah tak membantu suaminya untuk berbuat baik, niscaya Khadijah tak berucap apa yang dia katakan, Khadijah membekali suaminya makanan, juga minuman saat menyendiri di gua Hira.
Bagi Rasulullah usai diutus menjadi Nabi dalam menghadapi musuh-musuh beliau, Khadijah adalah “sesuatu”, sebaik-baik penolong, dan sebaik-baik orang yang membantu Rasulullah untuk tegar dalam memegang kebenaran.
Khadijah memberikan hartanya ketika Rasulullah diboikot orang-orang Quraisy, setia mendampingi beliau ketika orang-orang meninggalkannya, dan membenarkannya saat orang-orang mendustakannya. Oleh sebab itu, Allah memberi woro gembira kepadanya dengan surga, Rasulullah bersabda, “Berilah kabar gembira kepada Khadijah dengan sebuah rumah di surga dari permata, tidak ada keributan dan kelelahan”.(Riwayat Turmudzi, dishahihkan oleh al Albani).
Rumah tangga itu rumit.
“Kalau sederhana ya itu rumah makan, bukan rumah tangga,” begitu kata seorang teman berucap.
Ada yang bilang rumah tangga tanpa konflik bagai sayur tanpa garam. Rumah tangga akan cemplang tanpa friksi dan hal-hal rumit yang menghantui. Bagai sayur tanpa garam? Berarti rumah tangga mirip dong rumah makan?
Mungkin begitu. Ada yang melayani dan dilayani. Ada yang memberi dan menerima. Tapi tetap saja rumah tangga ya rumah tangga. Ia menyimpan berjuta atraksi masalah dan juga maslahah.
Rumah tangga itu rumit. Iya, namun tetap asyik jika masih ada roomate sejati.

0 Response to "Rumah Tangga Itu Rumit, Kalau Sederhana Itu Rumah Makan"

Post a Comment