Yang Perlu Dilakukan Istri pada Suami Sebelum Idul Fitri



Hari raya 1 Syawal sebentar lagi tiba, berikut ini beberapa hal Yang Perlu Dilakukan Istri pada Suami Sebelum Idul Fitri. Semoga bisa menjadi pengingat untuk para muslimah shalihah dalam menyambut hari raya.
1. Menyiapkan hidangan sebelum berangkat shalat Idul Fitri
Meskipun hanya berupa sebutir kurma, pastikan ada hidangan yang bisa dimakan oleh keluarga sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.
“Rosululloh dahulu tidak keluar (berangkat) pada saat Iedul Fitri sampai beliau makan” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, sanadnya hasan). 
2. Meminta keridhoan suami atas segala yang telah diperbuat
Meski tak ada dalil yang mengkhususkan idul fitri untuk bermaaf-maafan, namun seorang istri selayaknya senantiasa berada dalam keridhoan suaminya, dengan demikian ia pun memperoleh ridho Allah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Lihatlah di mana keberadaanmu dalam pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.” (HR. Ahmad 4: 341 dan selainnya. Hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1933)
3. Mengingatkan suami untuk tidak melakukan halal bi halal dengan menyentuh yang bukan mahram
Terkadang dengan alasan sudah tradisi lebaran, maka bersalam-salaman dengan menyentuh tangan yang bukan mahram seolah menjadi sesuatu yang halal. Maka istri berkewajiban mengingatkan suami bahwa sebaiknya melakukan hala bi halal tanpa bersentuhan dengan wanita yang bukan mahram.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thobroni dalam Mu’jam Al Kabir 20: 211. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). 
Demikianlah, semoga bermanfaat. Wallaahualam.

0 Response to "Yang Perlu Dilakukan Istri pada Suami Sebelum Idul Fitri"

Post a Comment